Melakukan Training Need Analysis

Untuk membuat sebuah training yang dapat memberikan dampak nyata, kita perlu memulainya dengan melakukan training need analysis. Menurut Raymind A. Noe, ada 3 elemen dalam melakukan training need analysis. Ketiga komponen analisis ini mencakup organization, task dan person.

Pada Organization Analysis, kita menganalisa bagaimana kondisi organisasi, strategi organisasi ke depan, dukungan dari para manager, rekan kerja dan ketersediaan resources yang akan digunakan untuk melaksanakan pelatihan.

Pada Task Analysis, kita menganalisa aktivitas yang dilakukan pada pekerjaan yang kita analisis. Lalu kita memetakan knowledge, skill, dan attitude yang dibutuhkan pada aktiivitas pekerjaan tersebut.

Pada Person Analysis, kita menganalisis tingkat knowldege, skill, ability dan attitudes yang sudah dimiliki oleh para karyawan tersebut. Selain itu, person analysis juga dapat mencakup motivasi atau kesiapan calon peserta dalam hal pembelajaran.

Sebelum melakukan seluruh elemen analisis tersebut, pengumpulan data atau informasi dilakukan terlebih dahulu. Data atau informasi dapat diperoleh melalui survey atau kuesioner, pengamatan langsung di tempat kerja, atau interview baik terhadap Subject Matter Expert atau karyawan, melalui assessment, dan melalui dokumen atau laporan yang terkait dengan kinerja dan kompetensi.

Data-data inilah yang akan dianalisis untuk menentukan pelatihan apa yang harus diselenggarakan sesuai dengan kebutuhan organisasi dan karyawan.

Freshminds Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *