eLearning Trends and Predictions For 2018

What Are The eLearning Trends and Predictions For 2018?

Pada masa ini kita mulai melalu fase yang menuntut adanya perubahan secara signifikan dan cepat dari “learning transformation”. Hal ini membawa kita ke dalam pendekatan yang baru dan mendalam untuk menciptakan pembelajaran yang berdampak dalam menaikkan perolehan kinerja yang diharapkan. Berikut trends e-learning yang akan terjadi pada 2018:

Mobile Learning

Penggunaan dari Mobile Learning yang telah diadopsi dalam training perusahaan mengalami peningkatan yang signifikan pada tahun 2017 dan tren ini akan terus berlanjut. Dengan sudah banyaknya “authoring tools” yang responsive, serta fleksibelitas dari BYOD (Bring Your Own Device) dalam kebijakan training akan membawa penggunaan Mobile Learning lebih efektif pada tahun 2018. Pada tahun 2018, penggunaan Mobile Learning ini akan lebih meluas lagi untuk kebutuhan pelatihan perusahaan serta untuk mendukung pembelajaran informal dan digitalisasi Instructor Led Training (ILT).

Dapat dilihat juga penggunaan format yang digunakan oleh “learners” dalam kehidupan sehari-harinya (yaitu Apps dan Video) untuk pendidikan formal maupun informal ini, dapat memberi penguatan yang lebih signifikan melalui penilaian dan latihan-latihan yang mengarah pada perolehan serta penguasaan keterampilan.

Microlearning

Penggunaan microlearning dimulai sebagai “nugget” untuk mendukung tradisional e-learning courses beberapa tahun yang lalu. Pada tahun 2017 dapat dilihat percepatan penerapannya di sebagian besar program pelatihan perusahaan. Pada 2018, momentum ini akan terus tumbuh dengan semakin banyaknya program pelatihan yang menggunakan microlearning untuk pelatihan formal dan sebagai pendukung kinerja (alat bantu belajar atau pekerjaan).

Performance Support Tools (PSTs)

Tawarkan/gunakan Performance Support Tools pada smartphone sehingga alat bantu belajar ini dapat berada dalam “work-flow” learner’s dan tersedia saat mereka membutuhkannya, hal ini akan terlihat peningkatannya pada 2018. Dengan memanfaatkan popularitas microlearning, pada 2018 ini PTSs akan digunakan secara ekstensif untuk mendukung pelatihan formal yang memungkinkan orgarnisasi untuk melihat penerapannya dalam pembelajaran. Hal ini juga akan terus mendukung pelatihan ILT.

Gamification

Hingga 5 tahun yang lalu, gamifikasi dalam pelatihan perusahaan dipandang dengan skeptis. Namun pada kenyataannya dalam masa ini, gamifikasi (penuh atau hanya sebagian) semakin menjadi bagian dari strategi pembelajaran organisasi. Terlihat peningkatan gamifikasi untuk pembelajaran yang dilanjutkan dan diperluas ke dalam program-progam pembelajaran konvensional yang sebelumnya tidak menggunakan (misalnya pelatihan berbasis aplikasi dan penerapan simulasi).

Social Learning

Meskipun belajar dari orang lain atau dengan orang lain bersifat intrinsik terhadap manusia, kita telah melihat pengakuan untuk menggunakan “social learning” sebagai bagian penting dari pelatihan perusahaan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan pilihan untuk platform atau portal pembelajaran, kita akan melihat peningkatan penggunaan “social learning” untuk mendorong semangat pembelajaran kolaboratif dalam organisasi.

Mobile Apps Or Apps For Learning

Total jumlah unduhan aplikasi di seluruh dunia pada tahun 2017 mencapai angka yang mengejutkan, yaitu sebesar 197 miliar. Dilihat dari fakta tersebut, maka kita telah menggunakan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, dan ini menjadi hal yang logis jika kita menggunakan aplikasi untuk pembelajaran. Peningkatan penggunaan Mobile Apps untuk pembelajaran akan menjadi bagian penting dari pelatihan perusahaan pada tahun 2018. Mereka juga akan memanfaatkan kegunaan microlearning (termasuk learning paths) dan juga gamification. Fleksibilitas dari personalisasi yang terhubung dengan peserta didik melalui notifikasi (on updates) akan menjadi nilai tambah dalam hal ini.

Video-Based Learning (Videos And Interactive Videos)

Jika Anda melakukan survey kepada peserta didik, hal ini (Video Based Learning) pasti akan menjadi 3 format pembelajaran yang terbaik bagi mereka. Satu-satunya tantangan dengan pembelajaran berbasis video klasik adalah kepasifan peserta didik dan kebanyakan kita melupakan apa yang telah kita pelajari setelah 60 detik. Pada tahun 2018, terlihat akan lebih banyak investasi dalam video yang menawarkan interaksi (serupa dengan pembelajaran tradisional), pemeriksaan pengetahuan sementara, percabangan berdasarkan pilihan yang dibuat peserta didik serta akhir dari penilaian program.

Selanjutnya, Anda akan melihat integrasi video dari YouTube untuk menciptakan jalur pembelajaran yang spesifik (mirip dengan topik dalam kursus online lainnya) dan melacak kemajuan serta kinerja peserta didik.

Next Gen-LMS/LCMS

Tren dan Prediksi e-learning pada tahun 2017 menyoroti bahwa, bagaimana platform LMS/LCMS perlu disesuaikan dengan cara yang dipelajari peserta didik. Tren ini akan terus berlanjut pada tahun 2018. Pergeseran dari platform LMS perusahaan yang “mendorong (push)” program pelatihan ke jalur pembelajaran yang dipersonalisasi sehingga peserta didik dapat “menarik (pull)”. Fleksibilitas untuk belajar offline dan “sinkronisasi-balik” dengan LMS begitu Anda online menjadi fitur yang penting dan lebih diinginkan oleh peserta didik.

Rapid And Completely Responsive eLearning Tools

Tahun depan (2018) akan terlihat peningkatan lebih lanjut dalam kemudahan pengembangan (desain yang cepat dan responsif) untuk megikuti kebutuhan microlearning serta fleksibilitas dalam menggabungkan tren strategi pembelajaran dan format-format yang berdampak besar bagi pembelajaran.

Informal Learning

Organisasi menyadari bahwa budget hanya digunakan untuk pelatihan formal dan terstruktur tidaklah cukup. Menyediakan peserta didik dengan lebih banyak saluran untuk dipelajari, memiliki akses terhadap informasi tepat yang mereka butuhkan dan mendorong pembelajaran kolaboratif adalah beberapa aspek utama yang akan melihat peningkatan fokus pada tahun 2018. Penggunaan Performance Support Tools (PSTs) perlu menjadi bagian integral dari pelatihan untuk memberi bantuan pembelajaran kepada peserta didik dan dapat diramalkan bahwa tren ini akan mendapat momentumnya pada tahun 2018.

Sumber: https://elearningindustry.com/elearning-trends-and-predictions-for-2018

Contributor: Chandra Munandar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *