Four Level Evaluation Model

Metode evaluasi 4 level (four level evaluation) dikembangkan oleh Donald Kirkpatrick pada tahun 1975. Berbeda dengan CIPP dan CIRO, 4 level evaluation model menawarkan metode yang terstruktur dan berorientasi pada business goals sebuah perusahaan. 4 level tersebut terdiri dari:

1. Reaction
Seringkali disebut level 1. Pada level ini pengukuran dilakukan pada bagaimana reaksi dan kepuasan peserta pelatihan. Evaluasi ini dilakukan guna memperbaiki materi, desain, dan delivery pelatihan

2. Learning
Atau disebut level 2. Mengukur apa yang dipelajari peserta selama pelatihan. Evaluasi ini melihat pemahaman peserta pelatihan dan hasilnya digunakan untuk melihat apakah materi, pengajar, atau metode pelatihan harus diperbaiki atau tidak

3. Behavior/Application
Level 3 bertujuan melihat bagaimana perubahan perilaku/ performa peserta pelatihan setelah mereka mengikuti pelatihan.  Level ini menjawab pertanyaan “Apakah pelatihan yang diikuti karyawan saya meningkatkan performanya ketika ia kembali ke kantor?”

4. Organization Impact
Pada tingkat ini evaluasi berfokus pada apakah pelatihan berdampak terhadap kemajuan organisasi atau tidak. Atau seberapa besar pengaruh training terhadap peningkatan performa organisasi.

Metode Kirkpatrick mengukur secara bertahap mulai dari kepuasan peserta pelatihan, hasil pembelajaran, aplikasi di tempat kerja hingga pengaruh pelatihan terhadap organisasi. Metode Kirkpatrick adalah metode evaluasi yang paling banyak digunakan di perusahaan pada saat ini.

Dengan pendekatan terstruktur ini, kita dapat mengetahui kelemahan dari setiap program pelatihan dan dapat ditelusuri penyebabnya. Misal, pada evaluasi level 3 (behavior/application) didapati bahwa 3 bulan setelah selesai pelatihan, peserta pelatihan tidak menunjukkan performa signifikan. Kita bisa menelusuri penyebabnya dengan melihat hasil evaluasi level 2 dan level 1. Dengan cara ini, kita dapat dengan mudah mengidentifikasi penyebabnya dan segera melakukan improvement.

Freshminds Indonesia

watch more on our youtube channel: Framework Evaluasi Pelatihan


Jadwal pelatihan terdekat
Understanding Your Organizational Learning Capacity (17 – 19 Juli 2018)
Learning Needs Assessment (25 – 27 Juli 2018)
Learning Evaluation (14 – 16 Agustus 2018)

Informasi lebih lengkap : 0811- 8332-058 (Whatssapp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *